Alat Pernafasan Pada Hewan (Materi IPA Kelas 5 SD)

Alat Pernafasan Pada Hewan (Materi IPA Kelas 5 SD)
Materi ini masih lanjutan dari materi pada Bab 1. Fungsi Alat-alat Tubuh. Pada pembahasan modul yang lalu sudah dibahas point A dari bab ini yaitu alat pernafasan pada manusia. Simak daftar isi dari modul pada bab 1 ini:

Bab 1. Fungsi Alat-Alat Tubuh

Bab 1. Fungsi Alat-Alat Tubuh
Pada Bab 1 ini akan dibahas tentang alat-alat tubuh yang terdapat pada manusia dan hewan. Adapun sub bab pada bab ini adalah:

A. Alat Pernafasan Manusia
B. Alat Pernafasan Hewan
C. Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan
D. Alat Peredaran Darah Manusia
E. Gangguan Pada Alat Peredaran Darah Manusia
Evaluasi

B. Alat Pernafasan Pada Hewan
  1. Alat pernafasan Ikan
  2. Alat pernafasan Cacing
  3. Alat pernafasan Katak
  4. Alat pernafasan Burung
Alat pernafasan Ikan


Ikan bernafas menggunakan Insang. Insang terletak pada bagian kepala ikan. Insang terdiri dari lembar-lembar insang dan lengkeung. Lembaran insang berwarna merah karena mengandung pembuluh darah. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. Lengkung insang berwarna putih berfungsi sebagai tempat melekatnya lembaran insang.
Proses pernafasan pada ikan
Ikan bernafas dengan cara membuka dan menutup insang. Air yang masuk melalui mulut akan dikeluarkan melalui insang. Pada saat air melewati lembaran insang, terjadi pertukaran gas. Air yang banyak mengandung oksigen, akan masuk melewati insang. Pada saat yang sama, karbondioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang. Pembuluh darah pun akan mengikat oksigen yang berasal dari air.

Alat pernafasan Cacing Tanah
Pada tubuh cacing tanah ditutupi oleh selaput benang tipis yang disebut kutikula. Kutikula ini selalu lembab dan basah, dan melalui kutikula inilah cacing bernafas. Kutikula menyebabkan udara didalam tanah dapat masuk ke pembuluh darah cacing, dan setelah masuk ke pembuluh darah, udara tersebut diedarkan keseluruh tubuh cacing

Alat pernafasan pada Katak

Alat pernafasan katak adalah paru-paru dan kulit. Tapi itu untuk katak dewasa. Waktu masih menjadi kecebong dan hidup didalam air, katak bernafas menggunakan insang.

Alat pernafasan pada Burung

Burung bernafas menggunakan paru-paru. Selain itu burung juga memiliki kantong-kantong udara berdinding tipis, dan kantong-kantong udara tersebut terhubung dengan paru-parunya. Ketika kantong udara tersebut digembungkan maka tubuh burung akan sangat ringan.  Kantong udara tersebut juga digunakan oleh burung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.



1 comment:

  1. Lucky Club: Play at the best casino site - LuckyClub
    Join Lucky Club and over 2000 slot machines, table games and live entertainment at one luckyclub.live of the world's best betting sites. Join now and start playing!

    ReplyDelete