Alat Pencernaan Manusia

C. Alat Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan

Sub bab yang akan kita pelajari kali ini adalah alat pencernaan manusia.
Agar makanan yang bergizi dapat diserap oleh tubuh manusia, alat pencernaan harus dalam keadaan sehat. Karena didalam alat pencernaan itulah makanan akan diolah terlebih dahulu sebelum diserap oleh tubuh manusia.

Sebelum melanjutkan ke materi alat pencernaan manusia, kita ingat-ingat materi ipa kelas 5 sebelumnya yaitu:
A. Alat Pernafasan Manusia
B. Alat Pernafasan Hewan

Proses pencernaan terdiri dari:

1. Proses pencernaan secara mekanik
Proses pencernaan secara mekanik terjadi didalam ronggga mulut, yaitu proses penghancuran makanan oleh gigi dan dibantu oleh lidah. Proses pencernaan secara mekanik terjadi ketika kita mengunyah makanan.
proses pencernaan mekanik pada manusia

2. Proses pencernaan secara kimiawi
Proses pencernaan secara kimiawi terjadi didalam rongga mulut, usus dan lambung dengan bantuan enzim.  Enzim adalah satu zat kimia yang membantu pencernaan.
proses pencernaan secara kimiawi pada manusia

Proses pencernaan makanan dalam tubuh kita terjadi di dalam alat pencernaan. Alat pencernaan manusia terdiri dari; rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.
Perhatikan gambar dibawah ini:
gambar pencernaan manusia
Berikutnya kita akan membahas satu persatu organ dalam pencernaan manusia, yaitu:
1. Rongga mulut
2. Kerongkongan
3. Lambung
4. Usus halus
5. Usus besar
6. Anus
Silahkan klik untuk menuju sub bahasan dari alat pencernaan manusia ini.

Rongga mulut
Proses pencernaan pertamakali terjadi di rongga mulut. Didalam rongga mulut inilah makanan dikunyah dan dihancurkan oleh gigi dan dibantu dengan lidah. Dalam rongga mulut ada enzim amilase yang membantu dalam proses pencernaan.

Gigi manusia terdiri dari; gigi seri, gigi taring, dan gigi graham. (perhatikan gambar dibawah ini).
Gigi seri berbentuk pahat, berfungsi untuk memotong dan mencengkeram makanan. Gigi taring berbentuk lancip dan runcing berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan. Sedangkan gigi graham berbentuk rata, berfungsi untuk mengunyah makanan. Gigi terdiri dari 3 bagian yaitu; mahkota, leher dan akar gigi.

Jumlah gigi anak-anak berbeda dengan jumlah gigi orang dewasa. Jumlah gigi anak-anak berjumlah 20 buah, yang terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 graham. Gigi orang dewasa berjumlah 32 gigi, terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 20 gigi graham.

No comments:

Post a Comment