Kerongkongan (Alat Pencernaan Manusia)

Kerongkongan (Alat Pencernaan Manusia)
C. Alat Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan

Mengulang sub bab alat pencernaan manusia, bahwa organ pencernaan manusia terdiri dari rongga mulut, kerongkongan, lambung usus halus, usus besar dan anus. Organ pencernaan yang sudah dibahas sebelumnya yaitu rongga mulut, dan kali ini kita akan membahas mengenani kerongkongan.


Materi IPA Kelas 5 sebelumnya, yaitu:
A. Alat Pernafasan Manusia
B. Alat Pernafasan Hewan
C. Alat Pencernaan Manusia

Makanan setelah dikunyah didalam mulut, selanjutnya makanan akan masuk kedalam mulut. Makanan didorong oleh otot kerongkongan menuju lambung. Gerakan otot ini dinamakan gerak peristaltik. Gerak peristaltik inilah yang menyebabkan makanan terdorong hingga masuk ke lambung.

Dipangkal leher, terdapat dua saluran yaitu batang tenggorok dan kerongkongan. Batang tenggorok merupakan saluran pernafasan, sedangkan kerongkongan merupakan saluran makanan. Kedua saluran ini dipisahkan oleh sebuah katup.

Ketika kita sedang makan, maka katup akan menutup. Dan ketika kita sedang bernafas maka katup akan terbuka. Karenanya kita jangan berbicara ketika sedang makan. Jika kita berbicara ketika sedang makan maka saluran pernafasan akan terbuka, ini bisa mengakibatkan makanan masuk ke tenggorokan dan dapat menyebabkan kita tersedak.

Sub bahasan tentang organ dalam pencernaan:
1. Rongga mulut
2. Kerongkongan
3. Lambung
4. Usus halus
5. Usus besar
6. Anus

Point penting:
  • Kerongkongan adalah saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Di dalam kerongkongan terjadi gerakan peristaltik. 
  • Gerakan peristaltik adalah gerakan kerongkongan mendorong makanan agar masuk ke dalam lambung. 
  • Dipangkal leher terdapat dua saluran, batang tenggorok dan kerongkongan.
  • Ketika sedang bernafas katup akan terbuka
  • Jangan berbicara ketika sedang makan
Baca sub bahasan sebelumnya tentang rongga mulut
Baca ub bab selanjutnya dari bab alat pencernaan manusia adalah lambung.

No comments:

Post a Comment