Bab 1. Fungsi Alat-Alat Tubuh

Bab 1. Fungsi Alat-Alat Tubuh
Pada Bab 1 ini akan dibahas tentang alat-alat tubuh yang terdapat pada manusia dan hewan. Adapun sub bab pada bab ini adalah:

A. Alat Pernafasan Manusia
B. Alat Pernafasan Hewan
C. Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan
D. Alat Peredaran Darah Manusia
E. Gangguan Pada Alat Peredaran Darah Manusia
Evaluasi

A. Alat Pernafasan Manusia
  1. Hidung
  2. Tenggorokan 
  3. Paru-paru
Alat pernafasan manusia terdiri dari hidung, tenggorokan dan paru-paru. Dengan alat pernafasan tersebut kita menghirup dan mengeluarkan udara. Ketika kita menghirup udara, maka udara masuk melalui hidung, kemudian udara masuk melalui pangkal tenggorokan untuk selanjutnya udara melwati dua saluran yang lebih kecil dari tenggorokan. Dua saluran tersebut disebut "bronkus". Setelah melewati bronkus barulah udara masuk ke paru-pari.

Mari kita perhatikan dengan seksama, masing-masing alat pernafasan manusia berikut:

1. Hidung
Hidung merupakan indera penciuman. Dengan hidung kita bisa mengetahui menghirup udara, selain itu kita juga bisa mengetahui sumber bau. Bagian-bagian hidung terdiri dari dua bagian, yaitu:
  • Lubang hidung
  • Rongga hidung
Didalam rongga hidung terdapat rambut (bulu hidung) dan lendir. Fungsi dari rambut dan lendir tersebut adalah sebagai alat filter dari udara yang masuk. Udara yang masuk ke hidung, bisa berupa debu, kuman, dan cairan.
Bagian-bagian hidung dan fungsinya:
a. Lubang hidung berfungsi untuk keluar masuknya udara.
b. Rambut hidung berfungsi untuk menyaring udara yang
     masuk ketika bernapas.
c. Selaput lendir berfungsi tempat menempelnya kotoran
     dan sebagai indra pembau.
d. Serabut saraf berfungsi mendeteksi zat kimia yang ada
     dalam udara pernapasan.
e. Saraf pembau (silia) berfungsi mengirimkan bau-bauan
     yang ke otak.

2. Tenggorokan
Tenggorokan berupa suatu pipa yang dimulai dari pangkal tengorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), dan cabang batang tenggorokan (bronkus). Bagian-bagian tenggorokan terdiri dari:

1). Pangkal tenggorokan (laring)
  • Sebelumnya sudah kita ketahui, bahwa udara masuk melalui hidung. Dan setelah udara masuk melalui hidung tersebut, udara menuju pangkal tenggorokan (laring) melalui faring. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut dengan kerongkongan, dan rongga hidung ke kerongkongan. Setelah melalui faring, selanjutnya udara menuju batang tenggorokan (trakea).
  • Dalam batang tenggorokan terdapat satu katup. Katup ini bekerja dengan cara membuka jika sedang bernapas atau berbicara,  dan menutup pada saat menelan makanan. Adanya katup tersebut, udara akan masuk ke paru-paru dan makanan akan menuju lambung. Dengan adanya proses seperti ini, makanya kita dilarang untuk makan sambil berbicara. Sebab, bisa memungkinkan makanan masuk kedalam paru-paru.

2). Batang tenggorokan (trakea)
  • Trakea tersusun atas cincin-cincin tulang rawan dan berada didepan kerongkongan. Dan batang tenggorokan memanjang dari leher ke rongga dada atas. Dan didalam rongga dada ini batang tenggorokan bercabang dua, satu cabang masuk ke paru-paru kiri dan satu cabang masuk ke paru-paru kanan.
3). Cabang batang tenggorokan (bronkus)
  • Bronkus merupakan cabang dari batang tenggorokan (trakea), terbagi dua satu cabang masuk ke paru-paru kiri dan cabang lainnya ke paru-paru kanan. Cabang-cabang tersebut berakhir pada gelembung paru-paru atau alveolus. Alveolus merupakan tempat terjadinya difusi oksigen ke dalam darah. Oleh karena itu, dinding alveolus mengandung banyak kapiler darah.
3. Paru-paru
Paru-paru manusia terletak didalam rongga dada manusia. Paru-paru terdiri atas, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan ukurannya lebi besar dibanding dengan ukuran paru-paru kiri. Hal tersebut disebabkan, karena paru-paru kanan terdiri atas 3 gelambir, sedangkan paru-paru kiri terdiri dari 2 gelambir saja.


Soal latihan:
  1. Apa yang dimaksud dengan bernafas?
  2. Tuliskan alat-alat pernafasan manusia?
  3. Tuliskan bagian-bagian hidung?
  4. Tuliskan bagian-bagian tenggorokan?
  5. Apa yang dimaksud dengan bronkus?
Mau coba soal latihan online?
Klik untuk mencoba soal latihan online materi alat-alat pernafasan manusia

Untuk bahan pelengkap modul, dibawah ini bisa di download:

No comments:

Post a Comment